Google Dikabarkan Berencana Meluncurkan IaaS


Sejak tahun 2008, Google telah terjun ke dunia cloud computing dengan menghadirkan Google App Engine, produk Platform-as-a-Service (PaaS) yang berjalan di atas infrastruktur Google. Sebagai sebuah PaaS, Google App Engine menawarkan kemudahan pengembangan dengan menyajikan berbagai layanan-layanan berkualitas seperti data store yang tersebar dan sangat scalable.

Satu kekurangan Google App Engine adalah aplikasi yang bisa dikembangkan menggunakan PaaS ini terbatas ke aplikasi Java, Python, dan Go. Hal ini dikarenakan sampai saat ini Google baru mendukung ketiga bahasa pemrograman tersebut dalam App Engine. Pengembang aplikasi jaringan yang hendak membangun aplikasinya dengan menggunakan PHP, misalnya, tidak dapat menggunakan Google App Engine dan harus melirik penyedia cloud computing lain.

Google tampaknya menyadari keterbatasan ini merupakan salah satu hal yang menghambat pengadopsian Google App Engine oleh para pengembang aplikasi. Sebuah rumor yang beredar mengabarkan bahwa Google berencana untuk meluncurkan layanan cloud computing IaaS untuk melengkapi layanan PaaS yang mereka telah miliki saat ini. Jika rumor ini benar, maka pengembang aplikasi dapat menyewa virtual server secara langsung dari Google dan mulai membangun aplikasi jaringan dengan berbagai macam framework yang mereka sukai.

Rumor yang beredar juga mengabarkan bahwa Google akan meluncurkan layanan cloud computing IaaS ini dalam acara Google I/O 2012, yang akan dimulai pada tanggal 27 Juni 2012. Jika rumor ini benar, maka kami akan memperbaharui artikel ini dengan ulasan mengenai layanan cloud computing IaaS dari Google begitu layanan tersebut diluncurkan.

Sumber Satu, Dua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s