Ditemukan, ‘Malware’ Pertama di Toko Aplikasi Apple


Apple selama ini terkenal ketat menjaga keamanan aplikasi-aplikasi yang ada di toko aplikasi App Store. Namun, kali ini nampaknya Apple kecolongan. Ada sebuah program jahat berjenis trojan horse (kuda troya) berhasil menyusup ke App Store.

Pada Kamis (5/7/2012), perusahaan pembuat antivirus Kaspersky menemukan trojan horse yang terkandung dalam aplikasi bernama Find and Call, yang telah dirilis di App Store. Kaspersky langsung mengumumkannya lewat akun Twitter dan blog.

Setelah meng-install Find and Call, aplikasi ini akan meminta Anda mendaftarkan nomor telepon dan alamat email. Ia juga menawarkan apakah Anda ingin mencari teman di phone book.

Jika Anda menyetujui, maka aplikasi akan mengunggah dan mengirim pesan SMS ke nomor kontak teman yang telah Anda pilih di phone book. SMS tersebut berasal dari nomor telepon Anda dan berisi link unduhan aplikasi Find and Call. Besar kemungkinan teman Anda akan mengklik link tersebut dan bisa jadi tergoda untuk meng-install-nya.

Pihak Apple akhirnya menghapus Find and Call dari App Store. “Kami telah menghapus Find and Call karena ia mengakses phonebook pengguna, hal ini melanggar pedoman App Store,” kata juru bicara Apple kepada Macworld.

Selain di App Store, Find and Call juga telah dihapus di toko aplikasi khusus Android, Google Play.

Sumber Satu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s