5 Makanan dengan Efek Mendinginkan


Tinggal di negara dengan iklim tropis yang cenderung panas membuat minuman yang dingin dan segar menjadi andalan. Sebagai variasi, coba lima jenis makanan berikut ini yang punya efek tak kalah segar dan mengandung vitamin serta mineral.

1. Mentimun

Hampir seluruh bagian dari mentimun terdiri dari air. Karenanya, mengasup sebuah mentimun sama efeknya seperti minum. Kelebihan lain dari mentimun adalah mengandung asam kafeic dan asam askorbat yang mengurangi pembengkakan akibat kelembaban yang tinggi.

2. Mint

Di seluruh dunia, daun mint disukai karena sensasinya yang dingin. Selain dicampur dalam makanan, mint juga menjadi bahan baku pembuatan kosmetik atau obat. Anda bisa mencampur daun mint dalam salad atau masukkan dalam segelas air es agar efek dinginnya lebih terasa.

3. Semangka

Kandungan air dalam semangka mencapai 90 persen. Buah yang pas dimakan di udara panas ini kaya akan vitamin A dan C, serta antioksidan likopen. Semangka juga kaya akan elektrolit sodium dan potasium sehingga termasuk dalam sport drink alami.

4. Grapefruit

Buah yang termasuk dalam keluarga jeruk ini juga mengandung banyak air. Biasanya grapefruit dibuat menjadi jus atau sebagai campuran salad.

5. Selada

Selain air, selada juga mengandung vitamin C dan K, serta mineral, seperti folat, potasium.

Sumber Satu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s