10 Makanan Yang Meningkatkan Resiko Kanker


Sudah sekitar 1,5 juta kasus kanker dilaporkan beberapa tahun terakhir ini. Dan diperkirakan lebih dari 559,650 orang meninggal setiap tahunnya karena kanker, seperti dikatakan American Cancer Society, yang dilansir care2.com. Dalam buku CANCER: 101 SOLUTIONS TO A PREVENTABLE EPIDEMIC, dikatakan bahwa ada 10 jenis makanan yang meningkatkan resiko kanker.

Makanan tersebut memang tidak secara ekstrim dinyatakan TIDAK BOLEH DIKONSUMSI, namun sebaiknya memang jumlah asupannya dikurangi dan dihindari. Inilah daftarnya:

1. Daging merah. Daging merah ditengarai meningkatkan resiko kanker, sehingga lebih dianjurkan untuk mengonsumsi ikan-ikanan atau unggas.

2. Gula.Benar adanya, terlalu banyak gula juga tidak baik untuk kesehatan. Selain dapat meningkatkan kanker, kegemukan, juga meningkatkan resiko diabetes. Lebih baik konsumsi gula dengan jumlah yang seimbang.

3. Aneka makanan yang diasinkan, diasap, dan diacar, juga meningkatkan resiko terkena kanker usus.

4. French fries, keripik kentang, dan aneka snackyang mengandung trans fat.

5. Alkohol berlebihan.Bagaimanapun, alkohol dapat merusak kesehatan terutama bila dikonsumsi berlebihan. Selain meningkatkan resiko kanker, juga mengancam liver.

6. Makanan dan minuman yang mengandung aspartameatau pemanis serta pewarna buatan.

7. Minuman ringan bersoda.Bila gula saja sudah dianggap meningkatkan resiko kanker, maka minuman bersoda juga demikian. Lebih baik mengonsumsi jus dari buah dan sayuran atau teh saja.

8. Makanan yang dioven atau dipanggang.Mengapa? Karena pada proses pemasakan makanan dengan temperatur tinggi, terbentuk zat kimia yang disebut acrylamide. Acrylamide ini juga muncul pada produk plastik, perawatan dan rokok. Dalam jumlah yang tinggi, acrylamide ini dikatakan oleh FDA, seperti dikutip dari fda.gov, dapat menyebabkan kanker. Untuk itu dianjurkan tidak terlalu sering mengonsumsi makanan yang dioven maupun dipanggang.

9. Makanan yang dibakar,juga meningkatkan resiko terkena kanker. Dalam proses pembakaran tercipta heterocyclic aromatic amines yang dikenal juga dengan karsinogen. Karsinogen adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologis.

10. Ikan yang terkontaminasi,mengandung racun yang disebut PCBs, merkuri dan dioxin. Untuk itu, selalu pastikan memilih ikan yang segar. Hindari ikan yang bebas dari lalat karena umumnya juga sudah mengandung pengawet mayat (formalin).

Sekali lagi, makanan-makanan di atas bukan TIDAK BOLEH DIMAKAN, namun untuk mengurangi resiko kanker, lebih baik jika dibatasi pengonsumsiannya.

Sumber Satu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s