3 Makanan Ini Dapat Memicu Rambut Beruban Lebih Cepat


Siapa bilang rambut memutih adalah indikasi bagi orang yang telah berumur dan menua saja? Dewasa ini, seiring makin banyaknya teknologi dan aneka jenis makanan, ternyata jenis makanan juga berpengaruh terhadap pemutihan pada rambut atau biasa kita kenal dengan sebutan beruban.

Seperti dikutip dalam HealthyAnswers.com, Mark Rosenberg, M.D, seorang ahli medis mengungkapkan bahwa pemutihan pada rambut bukan disebabkan oleh penuaan, namun lebih karena kekurangan nutrisi pada rambut seperti antioksidan dan magnesium yang dapat memudarkan warna alami pada rambut.

“Seringkali orang merasa kurang pede dengan rambutnya yang memutih dan beberapa di antaranya sering kehilangan semangat jika bercermin dan mendapati rambutnya kini beruban. Banyak di antara mereka yang mewarnai rambut agar tetap terlihat muda. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi pada rambut dapat menyebabkan beruban lebih cepat.” tutur Rosenberg.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa ada beberapa makanan tertentu yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Rosenberg menyarankan agar sebisa mungkin memperkecil kemungkinan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut.

1. Kandungan gula tinggi

Tak hanya bagi kesehatan mulut dan tubuh seutuhnya, makanan dengan kadar gula yang tinggi juga dapat menyebabkan rambut mengalami penuaan lebih cepat. Kandungan gula yang tinggi seperti yang ada pada cake, pai, pastri dapat menyebabkan magnesium keluar dari dalam tubuh. Padahal, magnesium sangat diperlukan untuk kesehatan rambut.

2. Kafein

Banyak sekali yang menyatakan manfaat mengkonsumsi kafein bagi tubuh. Tapi, tahukah Anda bahwa kafein ternyata justru dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan magnesium secara besar-besaran?

3. Soda

Bagi kesehatan mulut, mengkonsumsi soda dapat menyebabkan pengeroposan pada gigi. Sedangkan bagi tubuh, soda dianggap sebagai pemicu obesitas tertinggi hingga kini. Sama halnya bagi keduanya, soda juga tidak didapatkan keuntungannya bagi kesehatan rambut. Hal ini disebabkan karena soda juga dapat menyebabkan tubuh kekurangan magnesium.

Bagaimana, Ladies? Dengan mengetahui makanan penyebab penuaan pada rambut, setidaknya hal tersebut membantu Anda untuk dapat tetap tampil lebih cantik dan menarik, bukan?

Sumber Satu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s