Mengapa Mengembangkan Website dengan WordPress?


Mengapa Mengembangkan Website dengan WordPress?Sekilas Tentang WordPress

Saat ini teknologi pengembangan website sudah sangat berkembang. Berbagai programming library dari bermacam-macam bahasa pemrograman diciptakan untuk kemudahan programmer dalam membuat website. Bagi programmer, itu bisa jadi menambah pilihan solusi, bisa pula menambah bingung karena saking banyaknya pilihan.

Satu hal yang pasti, prinsip “do not reinvent the wheel” harus tetap dipegang. Selama ada yang bisa dimanfaatkan, jangan pernah mengulang pembuatan website dari nol sama sekali. Tentu saja dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Dengan demikian, tentu kemahiran, ketepatan, dan pengetahuan yang luas sangat dibutuhkan untuk memilih tool yang cocok digunakan dalam suatu kasus pembuatan website dinamis.

Salah satu tool yang cukup banyak digunakan oleh pengembang website dinamis di dunia ini adalah CMS (Content Management Software) WordPress. Siapa yang tidak kenal WordPress? WordPress pertama kali dirilis pada 27 Mei 2003 oleh pembuatnya, Matt Mullenweg, untuk keperluan software blogging. Bahasa pemrograman utama yang digunakan untuk mengembangkan WordPress adalah PHP, sehingga cukup banyak pilihan web server yang tersedia di pasaran.

Saat ini WordPress menjadi salah satu CMS yang paling populer dengan jumlah pengembang yang sangat banyak, karena sifatnya yang open source code. Berbagai fitur yang baik serta arsitektur yang fleksibel dan mudah dikembangkan, membuat WordPress menjadi primadona CMS. Pengembang dapat menggunakan fitur dasar WordPress yang sama yaitu CMS-nya, kemudian menggunakan tampilan yang berbeda-beda untuk berbagai proyek websitenya dengan Theme. Apabila ingin mengembangkan fitur-fitur pada website tersebut, pengembang dapat menggunakan maupun membuat Plugin untuk ditambahkan ke program utama.

7 Keuntungan Mengembangkan Website dengan WordPress

Terkadang akan muncul pikiran bahwa mengembangkan website dengan CMS terkesan kurang professional, terlalu “murah/mudah”, tidak keren, dan dianggap kurang bisa dikembangkan. Bisa jadi YA, tergantung pada CMS apa yang Anda dipilih. Bisa jadi YA pula, bila Anda lebih mementingkan ego Anda untuk membuat karya dari nol. Tapi tidak untuk WordPress, yang merupakan CMS powerful di dunia. Tidak juga bila Anda telah menyadari pentingnya CMS dalam pembuatan website.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan apabila Anda mengembangkan website dengan menggunakan CMS WordPress.

CMS untuk pengelolaan konten

Tampilan halaman backend WordPress

Salah satu fitur utama WordPress jelas ada pada Content Management System-nya. WordPress telah menyediakan mekanisme dasar pengelolaan konten dan juga halaman administrator yang baik. Programmer tidak perlu lagi memusingkan bagaimana proses CRUD ke database, pengelolaan pengguna, dan sebagainya. Dari halaman admin, pengelola konten website pun dapat lebih mudah mengatur konten-konten dinamis tanpa harus merepotkan programmer.

Fleksibel dalam pengembangan

Walaupun sudah menjadi bentuk CMS yang siap digunakan, WordPress menyediakan opsi kustomisasi yang sangat luas. Untuk mengubah tampilan, pengembang bisa menggunakan berbagai Theme yang bisa diperoleh secara bebas, maupun dibuatnya sendiri. Theme WordPress pun memiliki kemampuan untuk menambah fitur-fitur utama WordPress, karena arsitukturnya yang memungkinkan pembuat Theme menjadi lebih bebas berkarya.

Pengubahan Theme lebih mudah dari WP Admin

Sebagai contoh, penambahan custom post memungkinkan pengembang untuk memiliki jenis konten yang berbeda dari sekedar sebuah “post”. Struktur database pun dapat dimanfaatkan sedemikian rupa dengan optimasi yang tinggi, sehingga memungkinkan WordPress untuk dimanfaatkan sebagai CMS yang powerful, alih-alih sekedar blogging platform. Sebagai contoh, website AMA Malang dengan konten anggota maupun event dapat dikembangkan dengan WordPress. Pengguna website / klien, cukup mengubah Themes di halaman admin.

Selain itu tersedia pula Plugin yang dapat menambah fungsional website, baik secara langsung maupun tidak. Plugin dapat dipasang secara terpisah dari Theme, serta dapat diaktifkan atau nonaktifkan secara mudah melalui halaman administrator.

Kemudahan implementasi

Karena menggunakan bahasa pemrograman PHP, pengembang dapat dengan mudah mengimplementasikannya pada web hosting yang pilihannya sangat banyak dengan beragam paket sesuai kebutuhan. Proses instalasi pun sangat mudah, karena WordPress menyediakan halaman instalasi yang membuat pengembang tidak perlu mengedit file kode program sama sekali. Selain itu pula, sebagian besar web hosting juga menyediakan fitur one-click install untuk berbagai macam CMS, termasuk WordPress, sehingga akan sangat mudah bagi pengguna awam sekalipun.

Tampilan fitur one-click install pada Softaculous

Pengubahan Theme dapat dilakukan dengan mengupload dari halaman administrator, maupun mendownload dari direktori Theme gratis WordPress. Penambahan Plugin pun dapat dilakukan dengan cara yang sama. Apabila perlu melakukan migrasi, langkah yang harus dilakukan juga tidak terlalu rumit.

Lebih aman

Memang benar bahwa WordPress bersifat open source code, yang artinya setiap orang bisa melihat kode programnya. Bila orang awam melihatnya, sekilas itu adalah ancaman, yang berarti akan ada banyak kemungkinan celah-celah keamanan diketahui orang lain. Namun di sisi lain itu justru merupakan kekuatan, karena celah tersebut akan diperbaiki oleh banyak pengembang dari seluruh dunia.

Tampilan Trac untuk issue tracker pengembang WordPress

Bisa dikatakan bahwa kode program WordPress jauh lebih baik dan aman daripada kode website yang Anda buat sendiri dari nol. Sebab yang membuatnya adalah ratusan bahkan ribuan programmer yang jauh lebih berpengalaman dari Anda yang berasal dari seluruh dunia. Yang mengujinya pun berbagai pengguna awam maupun hacker seluruh dunia. Bahkan programmer terbaik di dunia pun tidak akan bisa membuat kembaran WordPress yang aman secara sempurna bila sendirian.

Lebih mudah dalam maintenance

easy

Pernahkah Anda memperbaiki atau melanjutkan kode program orang lain beribu-ribu baris tanpa ada cara untuk menghubungi pembuat aslinya? Jika YA, Anda pasti pernah merasakan seberapa mengerikannya. Setiap kode program memiliki style masing-masing sesuai pembuatnya. Sedangkan CMS seperti WordPress tentu merupakan gabungan berbagai style dengan arsitektur yang disepakati, namun dengan dokumentasi yang digarap bersama.

Sehingga, dalam maintenance kode program website Anda, bila Anda tidak dapat turun tangan secara langsung Anda tetap dapat menggunakan jasa sesama pengembang WordPress.

Dukungan komunitas

community

Mengembangkan sebuah program yang digunakan sendiri dan hanya Anda sendiri yang mengerti, bisa jadi akan sangat membosankan. Tidak ada rekan untuk diajak sharing ide dan diskusi, serta pekerjaan akan terasa lebih berat. Apabila Anda menemukan masalah, tentu harus bisa mengatasinya sendiri. Google mungkin bisa jadi solusi, namun hanya bila Anda mampu bereksplorasi.

Komunitas pengembang dan pengguna WordPress sangatlah besar. Berbagai sumber pelajaran dan forum pengembang bisa Anda dapatkan dan masuki untuk menjawab semua pertanyaan Anda. Anda pun dapat berkontribusi dalam berbagai komunitas tersebut sembari meningkatkan reputasi Anda. Di Indonesia sendiri juga sudah ada komunitas WordPress ID.

Kompetitif dan berpeluang besar

WordPress sudah terbukti menjadi solusi dan menjawab berbagai permasalahan pengembangan web, khususnya yang berkaitan dengan manajemen konten. Anda bisa membandingkan popularitas WordPress dengan CMS lain seperti Joomla atau Drupal, yang semuanya saling mengejar dalam jumlah angka penggunanya.

Lowongan proyek WordPress di Freelancer.com

Selain itu, karena banyak orang yang menggunakan, namun tidak semua adalah expert, Anda akan memiliki peluang untuk menawarkan jasa Anda. Berbagai situs freelancer dan job contest banyak yang menawarkan proyek WordPress, mulai dari sekedar instalasi hingga pembuatan plugin yang rumit. Intinya, ruang Anda untuk berkarya sangat besar dan ada banyak dukungan finansial di sana.

Kesimpulan

Masih banyak alasan lain yang membuat Anda sebaiknya mengembangkan website dengan WordPress, alih-alih dari nol. Di perusahaan Mimi Creative pun, saya terbiasa mengembangkan berbagai website hanya dengan membuat Theme WordPress saja. Anda bisa mencari referensi lain tentang pembuatan Theme WordPress tersebut, ataupun membaca di artikel saya di PC Media edisi mendatang.

Sumber Satu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s